Senin, 06 Juli 2009

Sistem Pendidikan Singapura

Sistem Pendidikan Singapura

Sistem pendidikan Singapura didasarkan pada pemikiran bahwa setiap siswa memiliki bakat dan minat yang unik. Singapura memakai pendekatan yang fleksibel untuk membantu perkembangan potensi para siswa.Sebelum Anda mendaftar ke sebuah sekolah, pastikan dahulu bahwa Anda telah mendapatkan semua informasi yang diperlukan tentang sekolah atau program apa yang akan anda pilih.

Pendidikan Pra Sekolah

Pendidikan pra sekolah diselenggarakan oleh Taman kanak-kanak dan pusat perawatan anak, terdiri dari program tiga tahun untuk anak usia 3 hingga 6 tahun. Terdaftar pada menteri pendidikan, Taman kanak-kanak di Singapura dilaksanakan oleh yayasan masyarakat, perkumpulan keagamaan, organisasi sosial dan bisnis. Pusat perawatan anak mendapat ijin dari Menteri Pengembangan Masyarakat dan olah raga.Kebanyakan dari Taman kanak-kanak menyelenggarakan dua sesi sehari dengan tiap sesi pelatihan dari 2, 5 sampai 4 jam, 5-hari setiap minggunya. Pada umumnya kurikulum termasuk program berbahasa Inggris dan bahasa asing dengan pengecualian terhadap sistem luar negeri yaitu pada sekolah Internasional yang menawarkan program Taman kanak-kanak bagi anak-anak ekspatriat. Periode pendaftaran bagi setiap Taman kanak-kanak dan pusat perawatan berbeda-beda. Kebanyakan dari pusat perawatan anak menerima siswa dari negara manapun sepanjang tahun selama masih ada ketersediaan tempat. Silahkan menghubungi Taman kanak-kanak tersebut secara langsung untuk informasi mengenai pendaftaran, kurikulum dan lainnya.

Pelayanan Siswa Internasional

Ketika anda belajar di Singapura, anda akan yakin bahwa apa yang anda dapat bukan hanya prestasi akademik, tetapi juga hal yang berhubungan dengan pendidikan secara lengkap. Untuk menyediakan dukungan sosial dan praktikal bagi para siswa, banyak institusi pendidikan menawarkan jajaran kegiatan pelayanan yang menarik seperti bimbingan, pilihan dan anjuran tentang akomodasi, dan program pengenalan yang akan membuat anda seperti berada di rumah sendiri.Anda akan dikejutkan dengan kesenangan melalui mutu dan pilihan fasilitas dan kegiatan tambahan yang tersedia untuk melengkapi pengalaman belajar anda. Anda akan mendapat jalan untuk pelayanan teknologi dan perpustakaan kelas dunia, dan akan di kenalkan dengan kegiatan dan perkumpulan ko-kulikuler yang berbeda.Pendidikan tidak selalu terbatas di ruang kelas - pendidikan merupakan proses penemuan dari kegiatan perjalanan. Ambil satu langkah dan jadikan pengalaman untuk diri sendiri.

Singapore Education

Singapore Education adalah suatu inisiatif multi-lembaga yang didirikan oleh Pemerintah Singapura pada tahun 2003 untuk mengembangkan dan mempromosikan Singapura sebagai pusat pendidikan berkualitas dan membantu siswa internasional mengambil keputusan dalam hal belajar di Singapura. Inisiatif ini dipimpin oleh Singapore Economic Development Board dan didukung oleh Singapore Tourism Board, SPRING Singapore, International Enterprise Singapore dan Ministry of Education (Departemen Pendidikan). Informasi berikut menjelaskan peranan penting dari masing-masing lembaga dalam Singapore Education.
Singapore Tourism Board (STB) - Education Services Division
Mempromosikan Singapore Education di luar negeri
Singapore Economic Development Board (EDB)
Menarik berbagai institusi pendidikan terkenal dari luar negeri untuk membuka
kampusnya di Singapura
International Enterprise Singapore (IE)
Membantu sekolah-sekolah berkualitas di Singapura untuk mengembangkan
bisnisnya dan membuka kampus di luar negeri
SPRING Singapore
Mengontrol kualitas dari organisasi pendidikan swasta di Singapura
Ministry of Education Singapore (MOE)
Mengontrol sistem sekolah publik di Singapura

Tidak ada komentar: