Bahkan sesuai beberapa penelitian yang ada menyebutkan bahwa keuntungan pembelajaran tematik bagi siswa antara lain adalah sebagai berikut:
Bisa lebih memfokuskan diri pada proses belajar, daripada hasil belajar.
- Menghilangkan batas dan menyediakan pendekatan proses belajar yang integratif.
- Menyediakan kurikulum yang berpusat pada siswa, yang dikaitkan dengan minat, kebutuhan, dan kecerdasan; siswa didorong untuk membuat keputusan sendiri dan bertanggung jawab pada keberhasilan belajar.
- Merangsang penemuan dan penyelidikan mandiri di dalam dan di luar kelas.
- Membantu siswa membangun hubungan antara konsep dan ide, sehingga meningkatkan apresiasi dan pemahaman.
Program PAUD diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar dan dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, non formal dan informal. Dewasa ini pendidikan formal di jenjang PAUD banyak memberikan andil yang baik bagi persiapan anak ke jenjang pendidikan dasar. Karenanya, sangat diperlukan strategi pendidikan pada anak usia dini yang benar-benar dapat merangsang kecerdasan, minat-bakat serta tumbuhnya pengetahuan sebagai dasar keilmuan di bangku jenjang sekolah dasar nantinya.
Pola pembelajaran tematik adalah salah satu strategi tersebut. Penerapannya memang tidaklah mudah, memerlukan perencanaan dan pengorganisasian yang handal agar dapat berhasil dengan baik. Setidaknya, dalam merancang pola pembelajaran tematik pada anak usia dini, ada lima hal yang perlu diperhatikan. Yaitu;
- Memilih tema
- Mengorganisir tema
- Mengumpulkan bahan dan sumber
- Merancang kegiatan dan proyek
- Mengimplementasikan pada satuan pelajaran.
1 komentar:
tematik apaan sih?
Posting Komentar